Jumat, 12 April 2013

Rumus Menghitung Kebutuhan Genteng, Nok dan Lisplank

Genteng Jatiwangi.

Rumus menghitung kebutuhan genteng, nok dan listplank..? Apa itu penting..? Tentu saja, karena dengan mengetahui rumusnya, Anda akan mudah mengetahui jumlah kebutuhan genteng, nok dan lisplank dalam pembangunan sebuah rumah. Dengan mengetahui berapa jumlah genteng, nok dan lisplank yang dibutuhkan bisa diperkirakan berapa dana yang diperlukan. Untuk itulah sebelum membangun sebuah rumah Anda perlu membuat rencana anggaran biaya (RAB) (Baca : Menyusun Rencana Anggaran Biaya). Salah satu cara mudah untuk membuat rencana anggaran biaya adalah dengan memakai rumus kebutuhan. Nah, bagaimana rumusnya untuk mengetahui berapa banyak kebutuhan genteng, nok dan lisplank? Oke, kita bahas satu persatu.

A. Rumus Menghitung Kebutuhan Genteng. 
Rumus ini akan mempermudah anda mengetahui berapa kebutuhan genteng. Rumusnya adalah : 
Jumlah Kebutuhan Genteng = Luas Bidang Atap x Koefisien Genteng Terhadap Bidang 
Misal : Bidang atap miring yang akan ditutup dengan genteng memiliki panjang sisi miring sebesar 7 m, lebar bidang 6 m, maka untuk menutup 2 sisi bidang miring atap panjang total menjadi 7 m x 2 = 14. Atap yang digunakan misalnya genteng ex.Roman Kanmuri, koefisiennya 14 buah /meter2.
Berapa kebutuhannya..? 
Jumlah genteng = (2 x (panjang sisi miring x lebar bidang)) x 14 buah genteng. 
= (2 x (7 m x 6 m)) x 14 buah genteng 
= (2 x 42 m2) x 14 buah genteng 
= 84 m2 x 14 buah genteng 
= 1176 buah genteng. 

B. Rumus Menghitung Kebutuhan Nok. 
Sebelum Anda menghitung kebutuhan nok dengan memakai rumus ini, terlebih dahulu ketahui berapa panjang bubungan atap secara keseluruhan, baik datar maupun miring. 
Rumusnya : Jumlah nok yang dibutuhkan = Panjang bubungan x Koefisien nok genteng. 
Misal : Sebuah rumah dengan bubungan sederhana memiliki panjang bubungan 6 m. Koefisien nok genteng untuk setiap 1 m dibutuhkan 4 buah nok genteng (4 nok/1 m). 
Kebutuhannya : 
Jumlah nok genteng = panjang bubungan x 4 buah/m 
= 6 m x 4 buah/m 
= 24 buah nok genteng. 

C. Rumus Menghitung Kebutuhan Lisplank. 
Hitung panjang lisplank atap secara keseluruhan, baik datar maupun miring. Karena rata-rata panjang lisplank dipasaran 4 m, maka koefisiennya adalah 1 : 4 atau ¼. Sesudah itu baru gunakan rumus berikut : 
Jumlah lisplank dibutuhkan = Panjang bidang x Koefisien lisplank.
Misal, sebuah rumah yang memerlukan lisplank memiliki panjang bidang sebesar 6 m. Untuk penampang muka dan belakang maka perhitungannya menjadi 2 x 6 = 12 m.
Kebutuhannya :
Jumlah papan lisplank = Panjang bidang x ¼ keping papan lisplank/m 
= 12 x 4 keping/m
= 3 keping papan lisplank. 
Ingat, bagi anda yang ingin menggunakan lisplank dobel, maka kebutuhannya dikali dua (x 2). 

Nah, sekarang Anda sudah bisa menghitung sendiri berapa kebutuhan genteng, nok dan lisplank yang anda perlukan untuk rumah Anda. 
 

Selasa, 02 April 2013

Tips Merawat Genteng

Tips Merawat Genteng

Genteng tak hanya berfungsi melindungi rumah dari segala cuaca, tapi juga menambah keindahan bangunan. Warna yang menarih bahkan digunakan sebagian besar pengembang perumahan untuk mengikat hati calon pembeli. Selain kualitas genting, bentuk dan ukuran juga menjadi bahan pertimbangan pemilihan genting.

Salah satunya bentuk genting yang besar ternyata dapat menambah kesan ketegasan dan memberikan kesan lebih kokoh pada bangunan. Moch Reza, Pengusaha Genteng Jatiwangi, pada Harian Jogja, Kamis (6/10) menyebutkan jika genting tipe besar dengan lebar menjadi incaran masyarakat saat ini.

Ukurannya genting yang lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran genting yang berukuran konfensional (kecil), dianggap lebih efisien serta ekonomis. “Genting yang berukuran besar satu meter perseginya membutuhkan 18 biji, sedangkan genting yang lama [kecil] membutuhkan 25 biji,” ungkap Reza. Genting yang ukurannya besar lebih ekonomis karena hanya membutuhkan jumlah yang lebih sedikit untuk memenuhi ruang dibagian atas bangunan. Selain itu, ukuran genting yang besar ternyata menghemat penggunaan kayu reng yang berfungsi menyangga genteng di setiap ruasnya. Maka dari
itu Padil Genteng Jatiwangi  Perusahaan Miliknya menyediakan Product genteng yg Berukuran Lebar yang dia beri nama Murando.

Kondisi ini membuat pengeluaran lebih hemat karena penggunaan kayu reng di bagian atap rumah menjadi lebih sedikit. Setelah munculnya tipe genteng yang lebih lebar dan kokoh, kini hadir pula pilihan genteng yang menggunakan glasir atau lapisan yang biasa digunakan untuk melapisi permukaan bahan keramik dibagian atas genting. Genteng jatiwangi yang menggunakan tambahan bahan glasir ini terlihat lebih menarik dengan kilauan lapisan yang nampak pada permukaan genteng. Terdapat pula dua warna pilihan, coklat dan transparan yang bisa mempercantik bangunan rumah. “Genteng yang menggunakan glasir lebih terlihat indah dan kuat. Pori-pori genting juga lebih padat sehingga saat hujan dijamin tidak akan bocor,” tambah Hasim.

Tak hanya itu saja, genting yang dilapisi glasir ini diklaim lebih awet, dan tidak akan rusak karena perubahan cuaca. “Termasuk tidak akan lumutan. Selain juga akan tampak indah setelah dipasangkan pada atap rumah, karena kesan cerah dan mengkilap akibat terpantul cahaya matahari,” terang Hasim. Untuk harga genting sangat variatif tergantung Material serta tingkat kesulitan pembuatannya, yang tentunya memiliki motif serta kelebihan tersendiri di setiap tipenya. Nah, sekarang giliran Anda mau pilih yang mana? Tentunya semua itu dikembalikan sesuai dengan kebutuhan dan kantong anda.

TIPS MERAWAT GENTENG

1.Anda harus sering mengecek bagian atap. Ada baiknya sebelum masa hujan datang, diperlukan pengecekan serta perbaikan genting.

2.Untuk mengganti genteng yang rusak, lakukan secara hati-hati. Perhatikan pijakan genteng agar tidak merusak genting di bagian lainnya.

3.Pengecekan idealnya, pemeriksaan dilakukan minimal 2-3 bulan sekali. Hal ini dikarenakan indikasi kerusakan genteng tidak akan langsung menimbulkan kebocoran. Setelah tiga hingga empat kali hujan besar, pada atap yang bocor air akan merembes dan akan mengakibatkan atap menjadi lapuk.

4.Perhatikan pula pada daerah nok atau di bagian ujung genting yang diplester semen. Pasalnya pada bagian tersebut kerap bocor. Prinsipnya, semakin dini diperbaiki, semakin murah biayanya.

5.Untuk daerah tropis, materi yang paling pas adalah genting keramik yang lebih liat menghadapi perubahan cuaca dan suhu. Dan jangan lupa lakukanlah pengecatan ulang bagi genting yang diwarna.

Demikian Informasi dari kami padil genteng, Genteng asli Jatiwangi. semoga Bermanfaat.

Senin, 01 April 2013

Profil Padil genteng Jatiwangi

 
Padil Ceramics Industry merupakan Perusahaan industry sepesialis yang memproduksi beraneka ragam. variant genteng Asli Jati wangi  indonesia, sejak berdirinya di tahun 1977 hingga kini, Padil ceramics selalu berusaha memberikan hasil product genteng yang berkualitas Baik, khas genteng Jati wangi secara turun temurun, dengan  memberikan product genteng yang terbaik berkualitas dunia bagi seluruh Costumer.

Komitmen untuk selalu menjadi yang terdepan dalam Industri  produksi genteng ditanah  air ini, Padil Ceramics selalu mengembangkan dan meningkatkan kualitas prodaknya dengan menambah mesin produksi yang lebih Modern di Factory Jati Wangi, Jawabarat Indonesia.


Pada Tahun 2001 PT. Padil Ceramic Industry Indonesia berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000, dimana PT. Padil Ceramic Industry Indonesia merupakan perusahaan Ceramic Genteng Jatiwangi pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000. Hal ini menunjukkan komitmen Padil Ceramics Industry Indonesia untuk memberikan kualitas Product terbaik dan sesuai standar mutu yang dipersyaratkan. Penerapan sistem yang berbasis ISO 9001:2000 adalah upaya untuk menstandarkan seluruh proses kerja dan secara langsung akan terkait dengan standarisasi mutu Product yang dihasilkan, sehingga memunculkan Budaya kerja yg bermutu dalam Perusahaan.  
 

Factory       : Jl.Dukuh Maga Sukaraja Wetan Jatiwangi Jawa barat Indonesia.
Office          : Jl. D.I Panjaitan No.40 A Jakarta Timur. Phone : 021 83348025.
Marketing  :  089999 020 23 / 08131 9062 510   ( Jaya )